Akselerasi

Standard
  1. 1.      Pengertian Akselerasi (Percepatan).

Akselerasi adalah suatu proses percepatan (acceleration) pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik yang memiliki kemampuan luar biasa (unggul) dalam rangka mencapai target kurikulum Nasional dengan mempertahankan mutu pendidikan sehingga mencapai hasil yang optimal. Dengan kata lain peserta didik dapat menyesuaikan cara belajarnya lebih cepat dari siswa lainnya (siswa yang mengikuti program reguler).

Secara singkat akselerasi mengandung pengertian:Sebagai model pembelajaran yaitu lompat kelas, dimana peserta didik berbakat yang memiliki kemampuan unggul diberi kesempatan untuk mengikuti pelajaran pada kelas yang lebih tinggi.Kurikulum atau akselerasi program, menunjuk pada peringkasan program sehingga dapat dijalankan dalam waktu yang lebih cepat.Memperoleh konten materi dengan irama yang lebih dipercepat sesuai dengan kemampuan potensial siswa.

 

  1. 2.      Tujuan Penyelenggaraan Program Akselerasi (Percepatan).

Tujuan Umum Penyelenggaraan Program Akselerasi yaitu :

  1. Memenuhi kebutuhan peserta didik yang memiliki karakteristik spesifik dari segi perkembangan kognitif dan afektif.
  2. Memenuhi Hak Azasi manusia peserta didik yang sesuai dengan kebutuhan pendidikan bagi dirinya sendiri.
  3. Memenuhi minat intelektual dan perspektif masa depan
    peserta didik.
  4. Memenuhi kebutuhan aktualisasi diri peserta didik.
  5. Menimbang peran serta peserta didik sebagai aset masyarakat dan kebutuhan masyarakat untuk pengisian peran.
  6. Menyiapkan peserta didik sebagai pemimpin masa depan.

 

 

Tujuan Khusus Penyelenggaraan Program Akselerasi yaitu :

  1. Memberikan penghargaan untuk dapat menyelesaikan program pendidikan secara lebih cepat.
  2. Meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses pembelajaran peserta didik.
  3. Mencegah rasa bosan terhadap iklim kelas yang kurang mendukung berkembangnya potensi keunggulan peserta didik secara optimal.
  4. Memacu mutu siswa untuk peningkatan kecerdasan spiritual, intelektual, dan emosionalnya secara seimbang.Landasan Program Akselerasi (Percepatan).

 

  1. 3.      Dampak Program Akselerasi

Dampak Program Akselerasi Terhadap Aspek Perkembangan Sosial dan Emosional Siswa Berbakat Akademik adalah :

  1. Anak Berbakat Akademik

Siswa berbakat akademik digolongkan sebagai berikut:

  1. Siswa memiliki intelegensi superior (IQ=130 ke atas)
  2. Prestasi akademik jauh di atas rata-rata kelas. Selalu menjadi juara kelas dan memperlihatkan kecerdasan luar biasa dalam ilmu-ilmu tertentu

 

Ciri anak berbakat:

  1. Anak berbakat itu terlalu cepat dewasa (precocious). Mereka menguasai pelajaran lebih dahulu dan lebih cepat daripada teman-temannya
  2. Anak berbakat akan maju sesuai dengan iramanya sendiri, melakukan pertemuan-pertemuan sendiri dan dapat mencari penyelesaian suatu permasalahan secara naluriah tanpa melalui sederetan langkah-langkah pemikiran yang linear.
  3. Anak berbakat didorong oleh keinginan yang sangat kuat dalam bidang atau dominan di mana mereka mempunyai kemampuan yang tinggi seperti matematika. Anak berbakat adalah anak yang secara global menguasai mata pelajaran dan bahkan berhasil menyelesaikan pendidikan di Perguruan Tinggi pada Usia yang sangat muda.

 

  1. Dampak Keberbakatan Dalam Kehidupan Sosial dan Emosional Anak.
    Berbeda dengan anggapan dahulu, ternyata anak-anak berbakat juga lebih rentan terhadap faktorfaktor sosial dan emosional. Anak berbakat adalah anak yang bahagia, mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan, dan tidak membutuhkan perhatian khusus. Hal ini menumbuhkan mitos bahwa anak berbakat mudah menyesuaikan diri dan mudah diajar tetap bertahan, menurut Mihali bahwa anak-anak dengan kemampuan tinggi yang luar biasa di sembarang domain, tidak hanya secara akademis, tetapi juga di bidang seni rupa, musik, bahkan atlektik, secara sosial tidak padu, dan sebagainya.
  2. Dampak Akselerasi pada Anak Berbakat Akademik Anak dengan kemampuan dan kecerdasan luar biasa, merupakan suatu keinginan yang realistik karena kebutuhan pelayanan pendidikan anak yang berbakat yaitu dibentuk layanan istimewa yang berbeda dari sekolah yang umum, diberikan pengayaan akselerasi dalam bentuk menempatkan anak pada kelas yang lebih tinggi sesuai dengan tingkat keberhasilan anak. Memberikan pelayanan kepada anak berbakat yang secara sosial terisolasi dan bosan bersekolah bukanlah hal yang mudah.
    Hal yang perlu diperhatikan dalam pendidikan akselerasi bagi anak berbakat akademik adalah memenuhi kebutuhan akan tugas-tugas yang penuh tantangan dalam bidang keberbakatan dan adanya persahabatan diantara teman sejawat yang memiliki kemampuan yang sama. Kita bukan hanya memerlukan anak bangsa yang panai, melainkan juga anak bangsa yang seimbang dalam kehidupan emosi dan sosial.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s